Ragam - Oleh : Triwidiyanti Kresia
23 - Mei - 2012 14:14:26
Sekolah SMK Harus Bangun Jejaring Bagi Alumninya
"Dibuat Situs Resmi bagi para lulusan SMK"
Denpasar (beritadewata.com) – Sebentar lagi siswa – siswi yang duduk di kelas XII khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan meninggalkan sekolahnya. Sekolah dimana mereka menimba ilmu dan mengasah bakat serta ketrampilan yang mereka miliki. untuk pengumuman kelulusan hasil Ujian Nasional (Unas) diprediksi jatuh pada tanggal 26 Mei 2012.

Namun beberapa sekolah sudah melaksanakan perpisahan untuk melepas siswa – siswi kelas XII, seperti SMKN I dan SMKN II, kemarin sekolah itu sudah melepas ratusan siswa dan siswinya. Para siswa yang dilepas tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi wirausahawan, selain itu bagi sekolah SMK  diharapkan harus bisa membangun jejaring yang banyak bagi alumninya. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, Drs. Ign. Eddy Mulya, saat melepas siswa kelas XII SMKN I Denpasar, belum lama ini.

“Sekolah SMK harus bisa membangun jejaring karena dengan membangun jejaring yang semakin banyak berarti developing sebagai kata kunci dari keberhasilan sebuah sekolah SMK. apabila memiliki jaringan yang banyak khususnya dengan pelaku – pelaku usaha maka yakin dan percaya alumninya akan dapat tersalurkan dengan baik sesuai dengan prestasi yang dimiliki,” jelas Eddy Mulya.

Terkait adanya isu bahwa tingginya angka putus sekolah siswa SMK, Kadisdikpora Kota Denpasar mengungkapkan bahwa dirinya belum mengetahui adanya isu tersebut.

“Saya belum melihat angka – angka itu, tapi kalau kita melihat kondisi empiris di lapangan anak – anak yang mengikuti jenjang di pendidikan SMK, mereka adalah anak – anak yang siap sesungguhnya kita anggarkan memasuki dunia wirausaha yaitu dunia enterpreneur,” jelasnya.

Eddy Mulya mengharapkan, bahwa anak – anak kita ini, memiliki orientasi yang  dasar. “Boleh melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tapi harapan saya terbesar mereka siap menjadi wirausaha yang mandiri di lapangan,” papar Kadis yang baru menjabat  selama 4 bulan ini.

Kalau ada anak – anak kita yang putus di tengah jalan saya yakin tentu kita melakukan evaluasi, demikian Eddy Mulya, “kemungkinan mereka sudah memasuki atau terserap di dunia kerja karena saya yakin anak – anak kita yang di smk ini sudah memiliki bakat dan ketrampilan kemudian diasah dalam satu dua tahun mereka biasanya sudah melirik dunia kerja namun demikian saya akan cek  dan evaluasi dengan harapan saya mereka ini sebisa mungkin harus mengikuti pendidikan setidak – tidaknya sambil bekerja mereka ikut program paketlah. Paket C setara SMA dan SMK,”tegasnya.

Oleh karena itu bagi yang sudah bekerja, lulusan SMK ini, diharapkan bisa menjalin komunikasi dengan sekolah almamaternya. “Dibuat situs resmi khusus alumni,” pinta Eddy Mulya, sehingga 5 hingga 10 tahun terus terjaga jalinan komunikasi antara sekolah dengan alumni.
Dibaca 540 Kali

 
Copyright @ 2013 beritadewata.com
Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.